• Latest News

    Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Visa Anda Ditolak?



    Proses pengajuan visa ke suatu negara seringkali membuat cemas, karena tidak sedikit orang yang pengajuan visanya ditolak. Lantas, jika aplikasi visa Anda ditolak, apa yang harus Anda lakukan?


    1. Lengkapi dokumen yang kurang

    Salah satu alasan ditolaknya pengajuan visa Anda adalah ketidaklengkapan dokumen. Beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa, memberikan Anda kesempatan untuk melengkapi dokumen Anda sebelum memproses pengajuan visa Anda.
    Negara Schengen biasanya memberikan waktu beberapa jam sebelum dan atau sesudah jadwal interview Anda untuk melengkapi dokumen-dokumen yang kurang. Sementara Kedutaan Amerika Serikat memberikan jangka waktu yang lumayan lama, yaitu 12 bulan sejak surat penolakan dikeluarkan. Jika Anda melewati batas waktu 12 bulan itu, maka Anda harus mengajukan visa lagi dan membayar biaya aplikasi visa baru.


    2. Mengajukan banding

    Ketika visa Anda ditolak, biasanya kedutaan akan memberitahukan alasan penolakannya dan hal yang bisa Anda lakukan setelahnya. Beberapa negara memberikan Anda peluang untuk mengajukan banding jika Anda merasa keputusannya tidak adil.
    Misalnya, jika Anda mengajukan partner visa (untuk suami atau istri yang sudah memiliki permanent residence di Australia), atau teman/saudara Anda mengundang Anda untuk mengunjungi mereka di sana untuk berlibur, maka sang pengundang/sponsor itu bisa mengajukan banding ke Migration Review Tribunal (MRT) jika keputusan yang dibuat dinilai kurang tepat.
    Beberapa negara Schengen, seperti Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Spanyol, dan Swedia pun memberikan peluang untuk mengajukan banding. Jarak antara surat penolakan dan kesempatan untuk mengajukan banding biasanya antara 21 hingga 90 hari sejak surat penolakan dirilis.



    3. Melakukan pengajuan visa baru

    Bagi negara yang tidak memberikan kesempatan untuk naik banding, maka satu-satunya pilihan yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengajuan visa kembali. Namun, perlu diingat bahwa beberapa negara memberikan jarak untuk pengajuan setelah penolakan sebelum Anda bisa mengajukan visa lagi.
    Jepang misalnya, mengharuskan adanya jeda 6 bulan sebelum Anda bisa mengajukan visa lagi. Atau Belanda memberikan waktu 3 bulan setelah penolakan visa untuk Anda kembali melakukan pengajuan visa.
    Sementara Amerika Serikat tidak memberikan waktu yang spesifik untuk pengajuan visa baru, selama Anda merasa bisa “menjawab” alasan penolakan sebelumnya yang biasanya terkait dengan keterikatan Anda dengan Indonesia (bisa dari keluarga, pekerjaan, dan lain-lain), alasan kesehatan, kemampuan finansial, dan sebagainya. Namun kami sarankan agar Anda mengajukan aplikasi baru minimal 30 hari setelah penolakan. Karena jika jangka waktunya terlalu pendek, maka kedutaan akan merasa bahwa belum ada perubahan signifikan yang terjadi atas penolakan sebelumnya, dan peluang visa Anda ditolak lagi sangatlah besar.


    4. Melakukan pengajuan visa baru di kedutaan yang berbeda

    Cara ini sebetulnya tidak terlalu dianjurkan, karena pada dasarnya sistem pendataan semua kedutaan terintegrasi. Apalagi jika Anda terdeteksi melakukan pengajuan visa di negara yang berbeda-beda dalam periode yang berdekatan, maka kemungkinan visa Anda ditolak lagi di kedutaan negara yang berbeda sama besarnya.
    Namun cara ini bisa dicoba jika Anda tanggal perjalanan Anda semakin dekat. Misalnya, jika Anda mengajukan visa lewat kedutaan Norwegia, dan pengajuan visa Anda ditolak, maka Anda bisa mencoba mengajukan visa baru lewat negara Schengen lain, seperti Belanda atau Prancis. Jangan lupa, banyak-banyak lah berdoa agar cara ini membuahkan hasil yang Anda inginkan.


    Itulah empat hal yang bisa Anda lakukan jika aplikasi visa Anda ditolak. Rencanakan perjalanan Anda dengan matang dan niscaya proses pengajuan visa Anda akan diterima.


    Sumber : https://www.skyscanner.co.id
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Visa Anda Ditolak? Rating: 5 Reviewed By: Ziezhua2
    Scroll to Top