• Latest News

    Belajar CMS: Membuat Website Dengan WordPress




    Pada artikel belajar CMS sebelumnya, anda sudah mengetahui macam – macam CMS baik itu untuk blog, toko online maupun forum komunitas. Nah, sekarang saatnya saya jelaskan satu persatu dari CMS tersebut. Yang pertama akan saya bahas adalah CMS WordPress.

    WordPress dibangun oleh Matt Mullenweg pada tahun 2003. Awalnya Matt Mullenweg merupakan pengguna aktif dari CMS b2. Namun b2 dihentikan pengembangannya oleh pemrogramnya yaitu Michel Valdrighi. Merasa sayang, kemudian Matt Mullenweg melanjutnya mengembangkannya dan diberi nama wordpress. Karena menarik dan banyak fitur yang bisa digunakan, membuat wordpress menjadi terkenal.

    Disamping menyediakan CMS yang bisa di download dan di instal di hosting pribadi. Pengguna yang tidak mempunyai hostingpun bisa menggunakan layanan wordpress dengan cara mendaftar di wordpress.com, dan membuat blog dengan domain dari wordpress, misalnya namaanda.wordpress.com. Sedangkan bagi anda yang sudah punya domain dan hosting sendiri, dan ingin menggunakan wordpress sebagai CMS, anda bisa download di wordpress.org kemudian menginstalnya di hosting anda.

    Berikut ini kelebihan dari wordpress :
    1. Gratis dan bersifat terbuka. WordPress bisa di unduh di wordpress.org. Bersifat terbuka atau open source artinya pengguna bisa mendapatkan barisan script wordpress, sehingga anda bisa bebas melakukan modifikasi bahkan mengembangkannya.

    2. Mudah dalam penginstalan maupun menggunakannya. Stelah mengunduh di wordpress.org

    2. Template sistem. Anda bisa dengan merubah template sesuai dengan keinginan hanya dengan beberapa kali klik. Bagi anda pengguna yang sudah mengetahui coding html, anda dapat berkreasi membuat template sendiri. Tapi jika anda tidak mempunyai pengetahuan dalam script html maupun css jangan khawatir, saat ini banyak free template wordpress yang bisa di download sehingga anda bisa menggunakannya dengan bebas.

    3. Multiuser, anda bisa menggunakan blog wordpress dengan beberapa pengguna sehingga wordpress ini juga cocok dijadikan blog komunitas yang memungkinkan banyak kontributor.

    4. Tersedia banyak plugin yang berguna untuk mengoptimalisasi dan menambah fungsi pada blog anda.
    5. Bisa mengatur struktur permalink, sehingga memudahkan dalam SEO.

    Jika anda tertarik menggunakan cms ini, Anda bisa membuka kembali artikel langkah langkah membuat blog http://prothelon.com/belajar/cara-membuat-blog/langkah-membuat-blog-di-wordpress . Pada artikel langkah – langkah membuat blog dengan wordpress disitu saya hanya menjelaskan apabila anda mendaftar di wordpress.com dan membuat blog wordpress dengan hosting sendiri dan menginstalnya melalui fitur fantastico yang ada di cpanel, namun sayangnya apabila anda menginstal dari fantastico, wordpress yang disediakan bukan wordpress versi terbaru.
    Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan menginstal wordpress pada localhost di computer anda. Kelebihan menginstal di localhost adalah anda bebas memilih versi apapun wordpress yang akan di install. Dan lagi ketika mengedit web, anda tidak perlu terhubung langsung dengan internet. Pada dasarnya hampir sama dengan cara menginstal joomla di localhost, hanya berbeda pada configurasinya.
    Berikut adalah langkah – langkah menginstal wordpress pada localhost.
    Try This: Cara Mengatasi HP Android YAng Cepat Panas, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.
    1. Pastikan server local anda yaitu XAMPP sudah terinstal dan Apache dijalankan, dan anda sudah membuat database baru dengan cara buka localhost/phpmyadmin, isikan username dan password kemudian klick create database, dan pastikan anda sudah mendownload wordpress di wordpress.org.
    2. Buka folder XAMPP kemudian folder httdocs, buat folder untuk menaruh file wordpress anda, contohnya : folder wordpress, copy-kan semua file wordpress yang sudah anda download pada folder wordpress.
    3. Buka browser ketikkan localhost/wordpress , lalu klick Create a configuration file


    4. Klick Lets Go

    5. Isikan nama database, user dan password sesuai dengan database yang sudah anda buat.




    6. Klik Run The Instal


    7. Isi data untuk website , Klik Instal WordPress


    8. Selamat! WordPress anda sudah terinstal


    9. SIlahkan Login untuk memulai membuat dan mengedit website anda. Untuk masuk ke control panel admin web wordpress anda di localhost adalah buka browser dan ketikkan localhost/wordpress/wp_admin , kemudian login.
    Setelah anda berhasil membuat website wordpress sendiri, tentunya anda ingin website anda bisa dinikmati oleh orang lain bukan? Nah, upload web wordpress anda dari localhost ke server hosting yang sudah anda sewa. Penasaran dengan caranya? Nantikan pada artikel berikutnya ya.. Selamat mencoba!

    Sumber : protelon.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Belajar CMS: Membuat Website Dengan WordPress Rating: 5 Reviewed By: Ziezhua2
    Scroll to Top