• Latest News

    Bagaimana Cara Membuat Website Profesional Sendiri Khusus Untuk Pemula


    Anda sedang mencari tutorial cara membuat website?
    Ingin punya website profesional sendiri?
    Membuat website portal berita yang berisi berbagai informasi? Atau bahkan web toko online?


    Maka artikel ini hadir diterbitkan untuk memandu anda yang ingin belajar membuat website sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu anda...


    Sebenarnya ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki website, pertama yaitu membuat website dengan menggunakan jasa pembuat website profesional (Web Developer) atau cara kedua yakni membuat website sendiri.
    Nah, artikel ini saya dedikasikan untuk anda yang ingin membuat website sendiri.

    Apa keuntungan membuat website sendiri?Pertama, dari segi biaya jelas lebih murah. Membuat website sendiri menghabiskan dana sekitar Rp 300.000,- yang digunakan untuk pembelian domain dan hosting nantinya.
    Namun jika membuat website kepada penyedia jasa Web Design maka akan membutuhkan biaya paling minimal Rp 1 juta, itupun sudah sangat minimal. Harga biasanya sudah dipatok oleh penyedia jasa dan harganya berbeda - beda tergantung model website yang kita minta.

    Namun jika anda memang punya cukup modal untuk mengembangkan usaha dan tak ingin repot, maka kamu bisa coba jasa pembuatan toko online . 

    Lanjut lagi keuntungan kedua, dengan membuat website sendiri, maka Anda bisa sekaligus belajar mengelola website. Jadi nantinya ketika website Anda sudah dibuat, maka Anda bisa melakukan maintanance sendiri, tanpa perlu bantuan dan membayar jasa Web Developer.

    Ketiga, Anda bisa puas merancang website anda sendiri sesuai keperluan. Mulai dari pemilihan themes, anda bisa memilih menggunakan versi gratis atau premium, merancang desain web sesuai kebutuhan, hingga dalam pemilihan plugin terbaik bagi website.

    Ragu apa bisa membuat website sendiri atau tidakSebagai pemula dalam dunia website ini mungkin anda akan sangat tidak percaya diri ketika membuat website pada awalnya, sebab pastilah pemula tidak memiliki pengetahuan mendalam mengenai PhP, MySQL, cPanel, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan website.

    Tapi dengan membuat Website dari CMS Wordpress, maka Anda tidak harus mengetahui PhP, CSS, Script, dkk ketika membuat website. Sebab Wordpress hadir dengan segala kemudahannya, kita cukup menggunakan plugin - plugin untuk membangun website WordPress kita.

    Saya sendiri dulu juga sangat ragu pada awalnya. Tapi saya mulai mencoba belajar dan mempraktekkan berbagai tutorial yang saya temukan di Google. Dan hasilnya saya berhasil membuat website dalam sehari pada percobaan pertama saya.

    Kini sejak 2015 saya mulai masuk ke dunia blogging, hingga saat ini terhitung sudah 7 website yang saya buat sendiri, dimana 5 diantaranya merupakan website toko online pesanan teman.

    Jadi, jika saya saja bisa... pasti Anda bisa juga dong.

    Dan melalui artikel ini saya siap memandu Anda dalam pembuatan website pertama Anda.
    Artikel ini merupakan tutorial yang berbentuk series, yang merupakan terdiri dari susunan beberapa artikel untuk pembuatan website share host.

    Apa itu website share host? Website share host adalah website yang dibuat dari dukungan web host dalam mengakses internet. Web host sendiri adalah layanan yang menyediakan ruang penyimpanan dalam sebuah web server.

    Sebenarnya untuk membuat sebuah website profesional itu ada banyak jenisnya, yaitu dengan web host, VPS atau dengan cloud server.

    Namun kebanyakan website memang lebih menggunakan web host karena lebih mudah dan murah.

    Persiapan sebelum membuat website WordPressOke, sebelum membuat website profesional anda, siapkan dulu beberapa hal yang harus anda siapkan berikut ini:

    PC / laptop
    koneksi internet
    uang dalam rekenink bank atau paypal u/ membeli domain dan hosting (sekitar 200ribu)Satu hal lagi yang penting yaitu percaya diri.
    Karena seandainya jika anda sedang dalam kebimbangan untuk membuat website sendiri atau menggunakan penyedia jasa pembuatan website (web development). Namun anda memiliki modal yang terbatas dan punya cukup waktu, maka sebaiknya buatlah website anda sendiri.

    Percaya diri saja dalam membuat website, anda pasti bisa, karena memang dasarnya membuat website itu mudah dan ilmunya akan sangat bermanfaat untuk digunakan di kemudian hari.


    Karena dengan membuat website anda sendiri, maka nantinya anda akan paham mengenai berbagai hal apa saja yang berhubungan dengan website, dan nantinya Anda pun akan bisa melakukan sendiri dalam maintanance website setelah dibuat, sehingga tidak perlu jasa orang lain dan tak perlu keluar biaya untuk hal kecil seperti itu.

    Sebab jika memang budget anda terbatas, saran saya daripada anda menggunakan budget untuk membayar jasa pembuatan website, lebih baik uangnya disimpan dulu dan digunakan nanti untuk membayar jasa SEO ataupun untuk promosi website di Google Ads.

    Baiklah, jika Anda sudah mantap memutuskan untuk membuat website sendiri, silahkan ikuti link sesuai urutan dibawah ini.

    Cara Membuat Website Bagi Pemula
    BAB 1. 
    Pilih Nama Domain dan Hosting
    Menentukan nama domain


    Memilih paket hosting


    Beli domain dan hosting, silahkan pilih :
    Niagahoster

    BAB 2. 
    Instal WordPress
    Login ke cPanel

    Instal WordPress

    BAB 3

    Setting website, install plugin dan themes
    Cara Setting WordPress Dasar

    Instal plugin penting

    Mengatur layout (themes) website

    BAB 4

    Membuat konten, halaman dan postingan
    Membuat postingan website
    Itulah 4 langkah dasar bagimana cara pembuatan website profesional.

    Ikuti link tersebut, jika ada yang masih bingung, silahkan perhatikan apakah anda langkah yang terlewat atau tanyakan melalui kolom komentar, saya akan coba menjawabnya.


    Semoga sukses ya!

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bagaimana Cara Membuat Website Profesional Sendiri Khusus Untuk Pemula Rating: 5 Reviewed By: Ziezhua2
    Scroll to Top