• Latest News

    Dampak Jika Internet Indonesia Mati

    Jakarta - Dalam waktu satu hingga dua minggu ke depan, internet di Indonesia terancam bisa mati total. Pasalnya, seluruh penyelenggara jasa internet yang ada di negeri ini -- yang jumlahnya lebih dari 200 ISP, tak mau bernasib sama layaknya Indar Atmanto, mantan Dirut Indosat Mega Media (IM2) yang berakhir masuk penjara.

    Kekuatiran para penyelenggara ISP ini sangat beralasan. Mereka menilai, apa yang telah dilakukan Indar sudah sesuai dengan peraturan dan telah dianggap benar oleh regulator telekomunikasi seperti Kementerian Kominfo dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Namun nyatanya, Indar tetap masuk penjara (Detik).


    Bila benar - benar Internet Indonesia Mati maka akan terjadi hal - hal sebagai berikut :
    1. Di bidang Perekonomian : Menurut Irvan Nasrun, Chief of Network Security APJII, di sela-sela pertemuan antara 30 perwakilan ISP yang membahas kasus IM2 di kantor pusat Indosat, Selasa (23/9) : Jika internet di Indonesia mati total akan menyebabkan kerugian yang luar biasa dahsyatnya. Dalam hitung-hitungannya, transaksi internet di Indonesia menghasilkan uang Rp 3 miliar setiap dua menit. Itu artinya, ada Rp 90 miliar tiap jam yang akan hangus. 
    2. Di bidang Dunia Usaha : Peluang baru di dunia perdagangan di sektor IT terancam kerugian besar, misalnya : Penjualan melalui Toko Online, Web Design, Penjualan Gadget Laptop, Tablet, dll. Bahkan warnet - warnet se Indonesia TERANCAM BUBAR.
    3. Di bidang Pemerintahan : Penyampaian aspirasi masyarakat yang tidak cepat ke pemerintah, bila aspirasi tidak cepat berdampak pada kekacauan dan kekerasan. Program pemerintah tidak segera dapat tersosialisasi ke masyarakat, sehingga perkembangan kesejahteraan menjadi terhambat. Kecurangan yang terjadi dalam pemerintah tidak dapat segera di dengar oleh masyarakat, sehingga menimbulkan KKN merajalela. 
    4. Di bidang Perbankan :  Internet yang menjadi salah satu saluran bagi perkembangan e-commerce berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan professional. Dampaknya mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja sehingga perputaran uang melalui BANK semakin besar. Jika internet mati, maka layanan INTERNET BANKING terancam sudah tidak ada lagi.
    5. Di bidang Pendidikan : Banyak Sekolah SMK dan Univertitas membuka jurusan baru Tehnologi Informasi dan Komunikasi yang sangat erat kaitannya dengan Internet, bahkan beberapa Universitas membuka Sekolah Jarak Jauh dengan fasilitas Internet. Kalau internet mati bagaimana nasib kawan - kawan kita? . Internet juga dijadikan sebagai sumber mencari Informasi dan media pengembangan pendidikan, bahan ajar, dan lain sebagainya, sehingga akan berdampak kembali ke PERADABAN LAMA yaitu dengan mencari buku - buku yang biayanya sangat MAHAL.
    6. Di bidang Agama : Internet dijadikan sebagai media untuk berdakwah, Seperti yang dilakukan oleh banyak Ustad - Ustad melakukan ceramah melalui situs jejaring sosial seperti yang dilakukan Ustadz Felix Siauw melalui akun facebooknya.
    7. Di bidang Hiburan : Kiamat sudah bagi pecinta Game Online, mungkin akan kembali ke permainan dunia nyata seperti Gobak Sodor dan Lompat Tali :D
    8. Di bidang Kesehatan : Dengan adanya internet, dapat dengan mudah mengakses pola kesehatan, sehingga dapat di antisipasi gangguan kesehatan sejak dini. 
    9. Dan tentunya masih banyak dampak yang akan terjadi bila INTERNET INDONESIA MATI.
    Apa yang akan anda lakukan jika internet mati??
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Dampak Jika Internet Indonesia Mati Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top